14/07/2016

10 Kerajinan Tangan Khas Kabupaten Demak

Indonesia tidak hanya di kenal dengan keanekaragaman wisatanya, namun juga telah terkenal akan berbagai macam jenis kerajinan tangan. Dan, dari sekian banyak jenis kerajinan di Indonesia semuanya memiliki ciri khas tersendiri serta identik dengan kearifan lokal daerah masing-masing. Demikian halnya dengan Kabupaten Demak yang dikenal sebagai Kota Wali, tentu kerajinan buah tangan masyarakat setempat kebanyakan terinspirasi dari kearifan lokal sebagai kota wali yang bernafaskan Islami, sebut saja kerajinan ukir demak seperti kaligrafi, Gebyor dll,  termasuk tempat wisata Demak yang pada umumnya populer memiliki nuansa religius sebut saja Mesjid Agung Demak, makam Sunan Kalijaga dll.

Pada perkembangannya kerajinan yang ada di Kabupaten Demak tidak hanya terpaku pada satu kerajinan, namun memiliki berbagai macam jenis produk kerajinan berkat inovasi dan kreasi masyarakat setempat yang mampu menciptakan beragam kerajinan unik yang bernilai ekonomi tinggi dan bahkan diantaranya berhasil menembus pasar global. Keberhasilan dari kerajinan khas demak dalam pemasaran atau pendistribusian tersebut bukan tanpa sebab. Salah satunya karena kabupaten Demak memiliki lokasi strategis yaitu berimpitan dengan Kota Semarang yang merupakan salah satu kota besar, berdampingan dengan Kabupaten Kudus yang dikenal sebagai salah satu produsen rokok terbesar di Asia Tenggara, serta berbatasan dengan Kabupaten Jepara yang perekonomiannya didorong oleh industri mebel dengan kerajinan ukir kayu, serta kabupaten Demak juga dilalui jalan pantura yang menghubungkan Jakarta, Semarang, Surabaya serta Banyuwangi. Terlepas dari semua itu, berikut sejumlah produk Kerajinan Kabupaten Demak :

Kerajinan Batik Khas Demak
Kerajinan Batik Khas Kabupaten Demak

Dalam tiga tahun terakhir perkembangan industri  batik khususnya di Kabupaten Demak mengalami peningkatan pesat. Banyak pengrajin batik bermunculan dan mengangkat berbagai ciri khas potensi alam dan budaya Kota Wali sebagai motif batiknya seperti motif yang mengangkat berbagai ornamen di Masjid Agung Demak, serta batik mesjid agung demak, batik motif pesisiran, batik motif tigo rangsit, sabet rangsit, batik motif semangkat tegalan yang ada didesa Karangmelati dan batik motif jambu dan belimbing sebagai buah khas Demak dengan rasa tersendiri.
Kerajinan Gebyok Ukir Demak
Kerajinan Gebyor Ukir Khas Kabupaten Demak

Kerajinan ini merupakan kerajinan yang sudah ada sejak lama hingga banyak dijumpai dan merata tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Demak. Namun kerajinan gebyok ukir lebih tersentral di Kecamatan Wonosalam dan Mijen. Biasanya pengusaha gebyok ukir juga memproduksi gazebo, rumah joglo dan sketzel.  Selain detailnya bagus dan artistik, bahan baku digunakan berupa kayu jati dan mahoni yang didatangkan dari Blora, Bojonegoro dan NTT, yang menjadi bahan utama ukiran ini punya kualitas yang bagus, sehingga meningkatkan kualitas keseluruhan ukirannya. Produksi gebyok ukir tersebut dipasarkan di Jakarta, Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Bahkan ada sebagian pengusaha yang mengekspor ke Eropa dan Amerika.
Kerajinan Rebana dan Bedug
Kerajinan Rebana dan Bedug Demak

Di Kelurahan Bintoro, kerajinan rabana dan bedug berkembang sangat baik. Tercatat dua pelaku usaha terbang bedug dengan kapasitas produksi besar dan jangkauan pemasaran yang luas menjalankan usaha di kelurahan ini, tepatnya di kampung Tanubayan.  Selain daerah-daerah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, NTB, Bali, Madura dan kota-kota besar di Jawa, hasil produksi Kerajinan Tanubayan sudah menembus Malaysia, Brunei, Korea Selatan dan Irlandia.
Kerajinan Tenun
Kerajinan Kain Tenun Khas Demak

Berbeda dengan batik yang dibuat dengan melukiskan lilin malam di permukaan kain, kain yang satu ini dibuat dengan menenun benang-benang yang menjadi bahannya menggunakan alat non-mesin. Jadi, mirip batik, pengerjaan satu helai kain tenun biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Kekayaan alam dari hasil laut yang dimiliki oleh warga Kecamatan Wedung tak lantas membuat mereka berpuas diri. Warga telah berupaya meningkatkan taraf hidup mereka dengan membuat sebuah karya, yakni kerajinan tenun yang diproduksi oleh para wanita di Desa Tedunan Kecamatan Wedung. Sedikitnya ada sekitar 100 orang telah menekuni usaha kerajinan tenun dan mereka masih membuat tenun disesuaikan dengan perkembangan model-model yang laku di pasaran.
Kerajinan Yongsua
Kerajinan Yongsua Kabupaten Demak

Yongsua produksi desa Brumbung kecamatan Mranggen kabupaten Demak sangan diminati oleh konsumen yang sebagian besar adalah warga Thionghua sebagai sarana sembahyang. Setiap harinya perajin yong sua mampu memproduksi ribuan yong sua dengan harga terjangkau. Yong sua produksi desa Brumbung selain berbau harum, tampilannya pun menarik. Keunggulan dari yong sua ini terbuat dari tumbuhan atau herbal sehingga asap yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan tidak menimbulkan efek samping (sesak nafas). Banyaknya permintaan konsumen baik yang datang dari Demak maupun kota lainnya, seperti Semarang, Surakarta, Jakarta dan lain-lain.
Kerajinan Sangkar Burung
Kerajinan Sangkar Burung Demak

Harga sangkar burung murah bukan berarti kualitasnya rendah. Ternyata harga jual bisa menjadi lebih rendah karena biaya produksinya murah dan bahan bakunya didapat dari hasil limbah kayu jati.  Kendati dari bahan baku limbah kayu jati, namun garapan sangkar burung di Desa Kebonbatur Kecamatan Mranggen sangat halus. Ternyata keahlian membuat sangkar burung didapat dari turun temurun hingga tiga generasi. Hingga semua warga memiliki keahlian memproduksi sangkar burung buatan tangan yang sangat halus.  Kelebihan tersebut membuat Pemkab Demak menjadikan Desa Kebonbatur sebagai sentra produksi sangkar burung.
Kerajinan Kaligrafi
Kerajinan Kaligrafi Kabupaten Demak

Tidak heran jika di demak banyak di jumpai para pengrajin kaligrafi. Biasanya pengerajin ini menjual hasil kerajianan mereka di kios-kios sekitar masjid agung demak, jadi anda tidak perlu bingung jika ingin membeli kaligrafi. Kerajinan ukir kaligrafi tersebar di beberapa lokasi seperti kaligrafi kaca di desa Tembiring, kaligrafi gift di desa Pilangrejo dan wonosalam serta kaligrafi almunium yang salah satu pengrajinnya adaslah syekh puji yang telah dikenal kreatif membuat beragam lukisan almunium seperti kaligrafi almunium, masjid dll.
Kerajinan Bordir
Kerajinan Bordir Demak

Kerajinan tangan khas Demak lainnya antara lain kerajinan bordir di desa pasirmijen wonosalam , desa wilanglung kecamatan gajah yang umumnya membuat baju, baju muslim, rok, jilbab dan aneka bordir menarik lainnya yang sekarang perusahaan bordir di desa ini telah berkembang cukup pesat dilengkapi peralatan mesin yang modern.
Kerajinan Sepatu Dan Tas
Kerajinan Sepatu Demak

Kerajinan sepatu dan tas juga lama berkembang di kawasan Demak seperti dan dapat dijumpai di desa prigi kebon agung kemudian kerajinan tas di desa dukun, karangtengah yang cukup berkembang di kawasan Demak dan sekitarnya.
Kerajinan Miniatur Mesjid Agung Demak
Kerajinan Sepatu Demak
Mungkin yang terlintas pertama kali dalam benak ketika mendapati tripleks atau bambu entah itu dari sisa-sisa bangunan yang ditemukan adalah di buang sebagai limbah atau dijadikan kayu bakar. Tapi tidak demikian halnya dengan di sebagian masyarakat demak yang dengan kreasinya menjadikan limbah tersebut menjadi sebagai bahan baku untuk membuat suatu kerajinan miniatur menarik. Seperti yang mudah ditemukan di kios-kios dekat Mesjid Agung Demak.

Subscribe untuk menerima setiap artikel terbaru via email

Smart3D

  • KAMPOENG GUE

    Tempat Wisata Indonesia
  • FollowMe

    ConfigSummary