-->

Sungai Terpendek Di Dunia Sungai Tamborasi

27 Feb 2016
Sungai Terpendek Di Dunia - Sungai Tamborasi
Siapa yang mengira jika sungai terpendek di dunia berada di Indonesia, Tepatnya bisa dijumpai di Kabupaten Kolaka - Sulawesi Tenggara. yaitu Sungai Tamborasi yang hanya membentang sekitar 20 meter dengan lebar sekitar 15 meter. Dan sementara sungai terpanjang di dunia adalah sungai Nil yang berada di Afrika.

Bukan hanya Sungai Tamborasi, tetapi Pesona Wakatobi dan Tarian Boshu Buton yang semuanya merupakan kekayaan wisata Sulawesi Tenggara dengan daya tarik tersendiri yang patut dibanggakan. Sungai Tamborasi yang membentang sepanjang 20 meter dengan lebar sekitar 15 meter telah tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai sungai terpendek di dunia.

Sungai terpendek di dunia ini tepatnya berada di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo. Dan Desa Tamborasi sendiri diapit oleh Pegunungan Tamborasi dan bersanding di Teluk Bone. Air sungai yang mengalir segar berasal dari sebuah mata air yang berada diantara bebatuan tebing, dan tampak berwarna hijau dengan aliran air sungai sangat tenang sekilas mirip dengan air danau tetapi sejatinya air di sini mengalir. Dan memang jika dilihat sepintas, sungai terpendek di dunia ini terlihat seperti danau, tetapi aliran air yang mengalir menunjukan bahwa ini adalah sungai.

Hulu di sungai berhubungan langsung dengan laut pantai Tamborasi. Uniknya, kedua sumber air memiliki suhu yang berbeda. Air sungai terasa dingin dan air pantai lebih hangat. Terkadang terumbu karang pun terlihat jika air pantai menyurut.

Permandian alam ini merupakan tempat wisata keluarga, sangat ramai ketika hari raya tiba. Jika  beruntung, binatang endemik seperti monyet berbulu emas dan beberapa spesies burung laut akan ditemukan di sekitar Sungai Tamborasi. Ada mitos lahir di Sungai Tamborasi. Konon apabila pengunjung dapat mengikatkan sebuah tali pada akar-akar pohon di pinggiran sungai, penduduk setempat percaya bahwa jodoh akan datang atau hubungan akan jadi harmonis.

Share
Kampoeng Terkait
Komentar