-->

Ini objek wisata di Sulawesi Tenggara yang mendunia

16 Jan 2016
Wakatobi Objek wisata di Sulawesi Tenggara

Wisata Sulawesi Tenggara penuh dengan Petualangan dan Ekowisata, dengan bentangan luas daratannya seluas 38.140 km² dan perairannya seluas 110.000 km². Beragam etnis suku yang berbeda yaitu Tolaki, Morunene, Buton, Muna, Bajo dan Bugis menjadikan Sulawesi Tenggara tak hanya memiliki pesona alam yang indah, tetapi juga kaya akan budaya dan kearifan lokal yang beragam.

Disini terdapat hewan endemik yaitu Anoa yang hidup bebas. Sehingga oleh masyarakat lokal, Sulawesi Tenggara juga disebut Bumi Anoa. Dan hewan ini juga dijadikan sebagai ikon pada logo pemerintahan Sulawesi Tenggara.

Dari semua objek wisata yang dimiliki Sulawesi Tenggara, satu diantaranya merupakan destinasi wisata yang telah tersohor hingga ke mancanegara, yang tentu sudah tidak asing lagi yaitu Taman Nasional Wakatobi

Tujuan wisatawan domestik maupun manca di bumi Anoa ini, merupakan wisata andalan yang di miliki oleh Sulawesi Tenggara. Keanekaragaman dan keindahan alam bawah laut Wakatobi menjadikannya sebagai salah satu taman laut terindah di dunia dengan luas kawasan sekitar 1.390.000 hektar.

Baca juga : Pesona Taman Nasional Wakatobi

Dan disebutkan bahwa Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang tersebar di dunia. Serta memiliki kedalaman yang bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Sementara bagian terdalam perairan Wakatobi mencapai sekitar 1.044 meter.

O iya,, jika Afrika terdapat sungai terpanjang di dunia adalah yakni sungau Nil, disini terdapat sungai terpendek di dunia. Yaitu sungai Tamborasi yang berada di Kabupaten Kolaka di desa Tamborasi - Wolo

Baca juga : Sungai terpendek di dunia

Sungai ini hanya membentang sepanjang 20 meter dengan lebar sekitar 15 meter dan tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai sungai terpendek di dunia. 
Share
Kampoeng Terkait
Komentar