-->

Pantai Sanur Bali, Keindahan Yang Melegenda Sejak 917m

3 Mar 2013
pantai sanur bali, keindahan yang melegenda sejak 917m
Salah satu tempat wisata di bali yang menjadi primadona adalah Pantai Sanur. Terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar, Provinsi Bali.  Keindahan panoramanya telah tersohor sejak masa lampau. Hal ini terabadikan dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, seorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada tahun 917 M. Di dalam prasasti tersebut digambarkan bahwa pantai Sanur adalah sebuah pantai yang indah. Kecantikan alamnya bahkan membuat A. J. Le Mayeur, seorang pelukis dari Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932 memutuskan untuk menetap di Bali.

Berbeda dengan pantai kuta, Pantai Sanur terkenal karena keindahan pemandangan matahari terbitnya. Tak heran jika Pantai Sanur ini dijuluki Pantai Matahari Terbit serta pasirnya yang berwarna putih bersih dan lembut. Memiliki jarak kurang lebih 3 kilometer, pantai ini mempunyai garis pantai yang menghadap ke timur dengan bentuk pantai yang melengkung sempurna dengan hamparan pasir putih yang membentang. Disamping itu, pantai Sanur merupakan pantai yang berbatu karang sehingga memiliki kelebihan tersendiri. Saat pantai sedang surut, nampak jajaran batu karang warna-warni yang menghiasi Pantai Sanur. Dan tidak ketinggalan dengan panorama indah pantai selatan pulau Bali dengan gunungnya di bagian timur.

Bila berkunjung di pagi hari, menikmati detik-detik munculnya matahari yang mengagumkan, serta  gugusan pulau Nusa Penida di sebelah tenggara. Sesekali juga tampak kesibukan para nelayan yang akan berlayar ke tengah laut. Apabila datang sore hari saat air surut, pemandangan gugusan Pulau Serangan dan batu karang berwarna-warni tak kalah menariknya. Bahkan para wisatawan bisa melihat matahari terbit sambil berenang di pantai. Beberapa kawasan di wilayah pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih eksotis. Dihiasi oleh pepohonan pelindung, para pelancong bisa duduk-duduk sambil menikmati makanan lumpia dan jagung bakar yang dijual oleh para pedagang kaki lima. Sementara di sepanjang garis pantai juga dibangun semacam jalur bagi para pejalan kaki yang biasanya digunakan sebagai jalur jogging oleh para turis asing maupun wisatawan  domestik. Jalur ini membentang ke arah selatan mulai melewati pantai Shindu, pantai Karang sampai Semawang. Karenanya para pengunjung bisa berolahraga sambil menikmati indahnya pemandangan pantai pada pagi hari.

Tak hanya pantai petitenget, Pantai Sanur  juga menawarkan berbagai macam masakan khas Indonesia di sepanjang pantai serta terkenal desa-desa yang masih tercium aroma tradisionalnya, ada juga pasar tradisional, dan pasar seni yang menjual aneka pernak-pernik khas Bali. Pantai ini juga merupakan kompleks hotel, bungalow dan  penginapan. Jumlah hotel, bungalow dan penginapan di sini diperkirakan lebih dari seratus.  Beberapa hotel di sini sudah dibangun sejak tahun 1940.

Share
Kampoeng Terkait
Komentar