-->

TMII, Tempat Wisata Di Jakarta Timur Yang Indonesia Banget

20 Jun 2012
Ini dia tempat wisata yang benar-benar Indonesia banget yang ada di Jakarta Timur. Mulai dari namanya TMII jelas menggambarkan tentang Indonesia. Kemudian temanya yakni "Kebudayaan Bangsa Indonesia" yang tampaknya TMII menyuguhkan berbagai hiburan yang identik dari kearifan lokal Indonesia.

Taman Mini yang berlokasi di Jakarta Timur ini tak pernah sepi oleh pengunjung apalagi pada hari-hari libur, khususnya libur lebaran pengunjungnya bisa mencapai ratusan ribu. memang Taman Mini cocok dijadikan sebagai tempat wisata, tempat rekreasi, tujuan liburan atau sekedar melepas penat dari hiruk pikuk ibu kota

Baca juga : 25 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Tersebar Di 5 Wilayah

Memang Ada Apa Saja di Taman Mini Indonesia Indah?

Disini para pelancong tidak hanya mendapatkan kawasan hiburan yang memang dibangun untuk mewakilkan indonesia, selain sebagai tempat wisata, rekreasi, berlibur atau bersenang-senang, juga sarat dengan wisata edukasi, kesenian daerah, budaya, serta flora dan fauna. Yang rasa-rasanya TMII mengajak para pelancongnya untuk mencintai Indonesia.

Misalnya ada danau yang berisi gugusan kepulauan Indonesia dari Merauke sampai Sabang. Kemudian terdapat Anjungan Daerah dari 34 provinsi di Indonesia. Setiap anjungan memamerkan kebudayaan dari masing-masing provinsi. Mulai daru bangunan rumah adat, pakaian tradisional, busana pernikahan, senjata khas sampai peralatan rumah tangga yang digunakan sehari-hari.

Itung-itung mulai dari danaunya, anjungan daerah, taman-taman, berbagai museum, monumen dan lainnya, semuanya berada dalam kawasan yang luasnya mencapai 150 hektar. Kebayangkan betapa luasnya, sejauh mata memandang sepertinya tak dapat terlihat semua.

Tapi tak perlu kuatir jika sekedar ingin mengelilingi atau melihat-lihat Taman Mini secara keseluruhan, oleh pihak pengelola telah menyediakan sarana penunjang bagi wisatawan, Yuk kita mulai dari :

1. Bersepeda

Kebayang ga, mengelilingi TMII yang luas areanya sekitar 150 hektar sambil berjalan kaki? haha...  tenang, di TMII sudah tersedia kok tempat penyewaan sepeda. Tinggal dipilih, mau yang single, yang sepeda tandem, sampai sepeda listrik. Hitung-hitung Selain menyehatkan, bersepeda keliling TMII pastinya seru apalagi kalau bareng si dia.

2. Naik Mobil 

Kalau ga doyan naik sepeda atau malah tidak tahu naik sepeda, bagaimana kalau naik mobil, yang penting jangan jalan kaki, kasihan haha..

Oleh pihak Taman Mini telah menyediakan kendaraan mobil yang khusus bagi pengunjung untuk berkeliling di Taman Mini. Yang lokasi terminalnya berada di dekat Taman Tugu Api Pancasila. Mobil keliling atau Mobil Wisata TMII akan mengambil penumpang di terminal tersebut kemudian mengelilingi Taman Mini lalu kembali ke Terminal semula.

3. Naik Kereta Gantung

Sudah pernah merasakan sensasi naik kereta gantung? kalau belum, naik kereta gantung saat berada di TMII sepertinya perkara wajib bukan sunnah loh, hehehe becanda... soalnya kapan lagi bisa merasakan sensasi kereta gantung.

Kereta gantung ini atau yang biasa di sebut Cable Car salah satu pilihan rekreasi untuk melihat Taman Mini dari ketinggian dengan rute yang melintasi danau yang berisi gugusan miniatur kepulauan Indonesia.

4. Titihan Samirono / Aeromovel 

Nah alternatif lain melihat TMII dari ketinggian adalah dengan Naik Monorail TMII. Hampir sama dengan kereta gantung, Monorail TMII juga memiliki jalur lintasan yang berada di atas ketinggian. Jalur Monorail TMII atau Aeromovel mengelilingi seluruh area Taman Mini dengan jalur lintasan satu arah.

Baca juga : Tempat Wisata Di Jakarta Dari Yang Hits, Murah sampai Instagramable

Seperti apa saja tempat menarik yang ada di Taman Mini?

Nah setelah lelah mengelilingi Taman Mini, yuk waktunya beristirahat sambil menikmati suguhan yang ditawarkan di beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Taman Mini

1. Teater Keong Mas Taman Mini

Tahu ga kalau bangunan yang satu ini merupakan bangunan yang paling identik dengan Taman Mini. Dikatakan jika Teater Keong Mas adalah ikon dari Taman Mini dan katanya lagi, tidak sah kunjungan jika tidak menyempatkan diri kesini. Hm... sepertinya wajib selfie, biar ada barang bukti haha

Ikon TMII ini adalah sebuah bangunan yang bentuknya menyerupai keong raksasa berwarna kuning keemasan yang berfungsi untuk menanyangkan film-film layaknya bioskop gitu, dengan teknologi Sinematografi berupa Proyektor IMAX. film yang biasa ditayangkan menceritakan tentang Budaya Indonesia dan pengetahuan baik lokal maupun manca yang durasinya antara 1 jam sampai 2,5 jam.

Selain Keong Mas, terdapat pula Teater Tanah Airku dan Teater 4 Dimensi, disini penonton dapat merasakan goncangan, angin, hujan hingga wewangian.

2. Istana Anak Indonesia

Taman Mini Indonesia Indah - TMII

atau juga dikenal dengan nama Graha Widya Tama. Bentuk bangunan istananya dibangun menyerupai dongeng Cinderella yang terbuat dari tegel berwarna merah, sangat cocok menjadi tempat bermain anak-anak.

Dalam istana ini terdapat peragaan dari berbagai macam alat-alat permainan tradisional anak. Sementara di sekitar area istana, terdapat tempat bermain seperti rumah bola dan telepon cerita

3. Mengunjungi Museum

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau TMII tidak hanya Indonesia banget tapi juga Edukasi banget. Bayangin Taman Mini Indonesia Indah memiliki hinga 15+ museum, diantaranya adalah Museum Indonesia, Purna Bhakti Pertiwi, Keprajuritan Indonesia, Museum Perangko Indonesia, Museum Pusaka sampai 15+ museum,

4. Suasana Taman

Kalau lagi butuh ngadem suasana asri dan hijau, tinggal pilih Taman Rekreasi yang akan menunjukan keindahan flora dan fauna. Mesti kamu coba saat berlibur di Taman Mini. Diantaranya adalah 2 Taman Monumental, 4 Taman Flora, 5 Taman Fauna serta satu Taman Budaya. Taman Monumental tersebut adalah Prasasti APEC dan Monumen Persahabatan Negara Non Blok.

Taman Flora terdiri atas Taman Kaktus, Legenda Keong Mas, Melati dan Apotik Hidup. Sedangkan Taman Fauna terdiri atas Taman Reftilia, Kupu, serta Taman Bekisar dan Burung.

5. Anjungan Daerah

Seperti sebelumnya terdapat Anjugan Daerah. Nah bagi kamu yang ingin melihat rumah adat apa saja yang ada di Indonesia, Coba deh mengunjungi kawasan anjungan yang ada di TMII. Sebab setiap anjungan menampilkan kearifan lokal dari daerah 34 provinsi di Indonesia. Baik rumah adatnya, pakaian adat, hingga makanan khas. Dan biasanya disetiap anjungan atau diantaranya menggelar pertunjukan seni daerah masing-masing

Langkah yang cukup sederhana dengan biaya murah bukan, untuk mengetahui kebudayaan dari 34 provinsi Indonesia

6. Bermain Air di Snowbay

Yang ke lima, jangan lupa untuk membawa pakaian renang. Loh kok bisa, memangnya pantai? sabar jangan diprotes dulu. TMII mempunyai waterpark bernama SnowBay yang merupakan salah satu wisata air di Jakarta Timur yang ramai dikunjungi khususnya libur akhir pekan

Disini terdapat berbagai macam permainan air yang bisa dinikmati oleh semua umur, anak-anak sampai orang dewasa. Diantara keseruannya adalah main seluncur seluncuran di Hurricane, Flush Bow, cool running dan tube coaster dan lainnya

Baca juga : Sejumlah Tempat Rekreasi Di Jakarta Yang Murah, Belum tahu?

Eits.. jangan mengira jika hanya ada enam loh, sebab masih banyak terdapat tempat wisata, tempat rekreasi yang bisa kamu kunjungi di Taman Mini Indonesia Indah, salah satunya yang belum saya uraikan misalnya kawasan rumah ibadah dan banyak lagi.
Share
Kampoeng Terkait
Komentar