-->

Keanekaragaman Taman Nasional Kutai

2 Jun 2012
Samarinda - Provinsi yang beribukota Samarinda ini selain terkenal sebagai penghasil minyak bumi, Kalimantan Timur juga memiliki kawasan wisata yang its so beautiful; Taman Nasional Kutai yang memiliki beragam jenis vegetasi seperti hutan mangrove, hutan kerangas, hutan genangan, hutan rawa air tawar, hutan ulin atau meranti dan hutan dipterocarpaceae campuran. And this park, merupakan perwakilan hutan ulin yang terluas di Indonesia dan salah satu taman nasional yang digunakan sebagai pusat rehabilitasi orangutan yang berada di Teluk Kaba.

 taman nasional kutai
Di taman nasional kutai, ada banyak hidup aneka satwa seperti dari kelompok primata diantaranya orangutan, owa, bekantan, kera ekor panjang, kukang dan ribuan aneka tumbuhan diantaranya cemara laut, bakau, tancang, simpur, meranti, benung, pohon ulin yang tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia, kapur, raflesia and very interesting adalah khusus untuk para pecinta anggrek, because you will find a wide variety of beautiful orchids.

Bukan hanya keanekaragaman tumbuhan yang Anda akan jumpai, Tapi taman ini juga memiliki keanekaragaman satwa yang tinggi, diantaranya dari kelompok primata seperti orangutan, owa kalimantan, bekantan, kera ekor panjang, beruk, dan kukang. Sementara dari kelompok ungulata diantaranya banteng , rusa sambar, kijang, dan kancil. Kemudian kelompok carnivora seperti beruang madu, bangau tong-tong, elang laut perut putih, pergam raja, ayam hutan, beo atau tiong emas, pecuk ular asia dan masih banyak lagi tentunya. Selain menikmati keindahan dan keanekaragaman flora, fauna dari taman ini,  Anda juga dapat berkunjung ke museum mata uang kuno, untuk melihat-lihat koleksi mata uang yang dulu digunakan pada zaman pemerintahan  Hindia Belanda, Jepang dan Indonesia merdeka. Jadi, ketika Anda berkunjung ke taman nasional ini akan mendapat dua manfaat sekaligus, yaitu bisa melihat aneka flora dan fauna serta melihat museum mata uang kuno.

Terletak di jalan Dipenogoro Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Anda dapat mencapai taman ini dengan menempuhnya melalui Kota Samarinda yang berjarak 45 kilometer ke arah Tenggarong, atau dari arah Balikpapan berjarak 110 kilometer.

Share
Kampoeng Terkait
Komentar