-->

Melihat Danau Toba Sebagai Tempat Wisata Yang Populer

21 Jun 2012
Salah satu danau yang memiliki legenda dari masyarakat sekitar dan yang sangat populer di Sumatera khususnya di Sumatera Utara adalah Danau Toba. Danau yang  memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki danau lain, di tengah danau ini terdapat pulau vulkanik bernama Pulau samosir, hal yang tidak biasa terdapat pada sebuah danau, karena pada umumnya pulau hanya terdapat pada laut saja. Danau Toba terletak di beberapa kabupaten antara lain Kabupaten Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo Dairi dan Tobasa.

Sudah sejak lama danau ini menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara. Selain memiliki keindahan dari segi panorama alamnya, budaya masyarakat Batak Toba pun menarik untuk di eksplorasi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebut saja kepercayaan terhadap danau ini yang di percaya sebagai tempat berdiamnya Namboruu (tujuh dewi leluhur Suku Batak), bilamana masyarakat Suku Batak ingin mengadakan acara adat di sekitar danau, mereka harus terlebih dahulu memohon izin kepada Namborru. Seperti dalam perayaan Pesta Rakyat Danau Toba yang setiap tahunnya digelar, beberapa ritual dilakukan terlebih dahulu sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur.

Perjalanan wisata akan lebih menyenangkan bila berada di Pulau Samosir dengan pemandangan hamparan perairan Toba dan tebing-tebing yang memagari pinggiran danau. Selain itu, di Pulau Samosir ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti memancing, olahraga air, bersepeda santai mengelilingi pulau, serta menyaksikan kesenian daerah asli dari masyarakat Batak Toba, termasuk  mengunjungi danau di atas danau yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang dan mengunjungi objek wisata sejarah di komplek makam Raja Sidabutar di Desa Tomok dan wisata  arsitektur berupa komplek rumah tradisional Batak Toba Samosir. 

Bagi yang suka berbelanja souvenir tradisional, di Toba juga tersedia pasar souvenir tradisional hasil kreasi masyarakat batak Toba sekitar. Sementara yang ingin mengunjungi Pulau Samosir, dapat menggunakan speed boat maupun kapal wisata bertingkat khas Danau toba. Tidak sulit mencari  penginapan di sekitar lokasi, baik penginapan kelas melati atau pun hotel berbintang. Restoran, kafe dan warung makan juga ada di sekitar lokasi. Dari dataran tinggi Karo di sebelah utara, keelokan danau terlihat memanjang dipandang dari Sikodonkodon. Namun, hanya ada satu resor di sini. Di sisi barat, pemandangan danau dan Pulau Samosir dapat dengan sempurna disaksikan dari Tele. Ada gardu pandang yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan laut. Sementara di Parapat, sedikitnya ada 900 kamar hotel berbagai jenis, mulai dari bintang empat hingga homestay, di Tuktuk juga tak berbeda. Baik di Parapat maupun Tuktuk, wisatawan dapat langsung menikmati danau dari pinggirannya.

Danau Toba Tempat Wisata di Sumatera Utara
Foto by Johnny Siahaan at flickr.com
{GMST}2|47.16474|N|98|36.96402|E|Danau Toba|Sumatera{GEND}
Share
Kampoeng Terkait
Komentar